Solusi Komputer Yang Mengeluarkan Bunyi "Beep" Berulang Kali

Komputer menjadi sebuah media yang saat ini di butuhkan oleh berbagai kalangan, selain untuk bekerja, komputer juga menjadi media penghibur di kala kita bosan, namun seperti halnya barang lain. komputer juga bisa atau dapat rusak. banyak kendala dan penyebab ketika komputer rusak. misalnya dalam hal yang satu ini.

Solusi Komputer Yang Mengeluarkan Bunyi "Beep" Berulang Kali

Sedang asik main games, tiba-tiba komputer me-restart dan pada saat menyala tiba-tiba mengeluarkan bunyi "beep" secara terus menerus. pasti anda akan bingung, lalu bagaimanakah langkah untuk mengatasinya ? pada artikel ini akan saya jelaskan langkah solusi untuk mengatasi Komputer error bunyi "Beep" berulang kali.

Bunyi beep pada komputer sebenarnya memiliki arti tersendiri, suara ini di keluarkan oleh BIOS, dan fungsinya betujuan untuk menyatakan keadaan yang terjadi pada komputer pada saat itu. Jika suara beep panjang dan pendek selama 1 Kali hal itu menandakan bahwa adanya masalah pada memory atau RAM, yaitu memory RAM tidak dapat di akses oleh Motherboard kita. lalu apa penyebabnya memory atau RAM  tersebut tidak dapat di akses?

ada beberapa kemungkinan yang dapat terjadi misalnya :
  • Pemasangan Memory RAM yang tidak atau kurang benar, sehingga yang harus di lakukan adalah mengecek kembali pemasangan memory/ RAM pada slotnya atau di replace (cabut dan pasang) memory/ RAM nya.
  • Memory/ RAM yang terpasang sudah rusak, sehingga satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengganti RAM tersebut dengan yang baru. tapi jangan lupa juga untuk selalu mengecek tingkat kompabilitas RAM apakah cocok atau tidak dengan motherboard kita. pada postingan sebelumnya anda dapat melihat Perbedaan dan Jenis memori RAM pada Komputer.
  • Memory atau RAM yang sudah terpasang pada komputer memang tidak kompatibel atau sesuai dengan kebutuhan motherboard seperti pada penjelasan yang kedua tadi.
  • Sedangkan jika bunyi yang di keluarkan oleh komputer Panjang 1 kali dan pendek 2 kali. ini menandakan bahwa ada masalah pada Monitor atau VGA yang terpasang di Motherboard anda. solusinya coba cek kabel monitor atau perangkat VGA yang terpasang di motherboard anda, kalau sudah di pastikan pemasangannya benar, coba ganti dengan VGA yang lain.
  • Bila bunyi yang di hasilkan Panjang 1 kali dan pendek 3 kali. biasanya terdapat masalah pada keyboard atau mouse anda (perangkat masukan). coba cek kondisi kabel, port USB atau PS/2 yang ada di belakang CPU. pastikan tidak kendor atau tidak rusak.
  • dan bila kondisinya menghasilkan bunyi panjang 1 kali dan pendek 9 kali ini ada masalah pada ROM BIOS motherboard anda. coba cek dengan mengganti baterai cmos, jika tidak bisa, maka anda harus mengganti motherboard anda dengan yang baru.
  • Nahh ini yang terakhir, bila komputer anda mengeluarkan bunyi beep pendek berkali kali ini tandanya ada sesuatu yang tidak beres dengan tegangan power di komputer anda. coba cek kabel power supply dan tunggu suhu komputer hingga dingin dan nyalakan kembali.

itu dia sedikit penjelasan kenapa Komputer mengeluarkan bunyi "beep" secara terus menerus. sebenarnya masih ada lagi penyebab yang lain, tentunya hal ini akan di jelaskan pada postingan berikutnya. semoga postigan saya kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

Komentar