Tips Memilih VGA Card Untuk PC Gaming

Tips Memilih VGA Card Untuk PC Gaming

Kali ini saya akan sharing tentang bagaimana memilih VGA untuk PC Gaming, VGA (Video Graphic Adapter) adalah suatu hardware komputer yang fungsinya mengolah data grafis dan akan menghasilkan gambar yang bagus untuk di tampilkan kedalam layar monitor, hardware ini di gunakan untuk keperluan Gaming dan Desain grafis. Sebuah PC desktop dengan spek tinggi tetapi tidak di lengkapi VGA maka PC itu tidak akan mampu menjalankan game-game dengan graphic yang memukau.

Game berat seperti Crysis3, Battlefield4 dan yang terbaru ini Watch Dogs membutuhkan sebuah vga yang bertenaga, selain vga yang bertenaga game PC kelas berat pun sesungguhnya membutuhkan perangkat keras lainnya seperti processor, ram, power supply yang mendukung. .

Tips Memilih VGA Card Untuk PC Gaming

Saya mengerti dan yakin banyak dari anda yang ingin memainkan game-game berat seperti fenomenal Crysis3, Battlefield4, Watch Dogs, dll, tetapi ketika kita hanya memiliki sebuah sistem komputer yang pas-pasan, kita biasanya akan mencari solusi dengan meng-upgrade vga atau membeli sebuah vga murah yang pas di kantong, maksud dari ini adalah supaya kita bisa memainkan game berat di komputer kita, walaupun tidak dengan setting gambar tertinggi, setidaknya kita bisa bermain game berat dengan kualitas low atau medium.

Untuk memudahkan pilihan anda, saya akan membuat kesepakatan bahwa VGA murah di sini adalah sebuah VGA untuk bermain game berat dengan harga tidak lebih dari satu juta (1 juta)

Berdasarkan salah satu situs hardware komputer terkenal TomsHardware, saat ini untuk rentang harga di bawah 1 juta, mereka memilih vga Radeon HD 6670 DDR3 dan juga Radeon HD 7750. HD 7750 memiliki harga yang lebih mahal dari HD6670, tetapi performa yang di dapat juga lebih baik dari HD 6670. Untuk pasaran di Indonesia, saya melihat Radeon HD 6670 1GB DDR5 (bukan DDR3 dan lebih baik) di harga 900 ribuan dari merek HIS, sedangkan untuk HD 6670 1GB DDR3 berharga 690 ribuan dari merek Sapphire, murah bukan? Di kubu Nvidia anda bisa mendapatkan Geforce GT 640 1024MB DDR3 seharga 900ribuan dan Geforce GT 630 2048MB DDR3 seharga 600ribuan, semua harga VGA ini bisa berubah tergantung merek dan harga dollar.

Inilah tips-tips memilih VGA Card :
- Perhatikan jumlah memori, pastikan minimal 1GB
- Pilih minimal DDR3, kalau bisa DDR5 lebih bertenaga pastinya
- Lihat bit instruksinya, 128bit minimal di atasnya seperti 256bit lebih baik
- Pastikan daya PSU mencukupi
- Pastikan casing dapat memuat
- Mendukung DirectX 11
- Memiliki garansi terpercaya

Menurut saya pribadi, untuk kategori VGA murah untuk game berat bisa memilih HD 7750, atau jika anda beruntung anda bisa mendapatkan HD 4850 atau GTS 450 di bawah satu juta. Semua VGA tersebut saya pikir sudah cukup untuk bermain game-game berat komputer saat ini. Ingat, untuk memainkan game komputer kelas berat, VGA hanya salah satu faktor pendukung saja, saya merekomendasikan anda minimal memiliki processor dual-core dan memori ram 4gb untuk mendapatkan hasil yang cukup.


Demikianlah artikel tentang Tips Memilih VGA Card Untuk PC Gaming semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda yang ingin membeli vga card untuk PC Gaming.

Komentar