Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Udah bukan rahasia umum lagi, Om Steve Jobs pendiri Apple ini punya sejuta cara untuk menarik perhatian banyak orang, seperti ia membuat dobrakan besar dengan meluncurkan produk fenomenal yang membuat Apple berjaya di pasar saham yaitu iPod, iMac, iPhone, iPad dan iCloud. dan terutama juga cara ia berpresentasi di hadapan banyak orang.

Nah, ada 5 tips nih dari Steve Jobs untuk presentasi yang sukses :


1. Tunjukkan passion dan perlihatkan antusias anda terhadap apa yang anda kerjakan

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Yah, ibaratnya, kalo anda yang presentasi aja nggak antusias, gimana mau bikin antusias audiens anda? Antusias bukan kayak orang lagi dagang obat MLM lho ya gan! Antusias berarti anda juga tertarik sama topik yang bakal anda presentasikan. Nggak harus menggebu-gebu, tapi terlihat punya minat di bidang itu.


2. Gunakan slide sederhana dan perbanyak visual

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Udah jadi rahasia umum, kalo steve jobs terkenal dengan karya yang terlihat simpel, tapi punya nilai seni yang tinggi. Termasuk cara dia bikin slide. Slide om steve jobs lebih terlihat simpel, tapi jelas maksudnya.


3. Bagi penjelasan dengan formula Rule of Three, yaitu gak lebih dari 3 poin

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Nah, ini kuncinya gan! Diusahakan, kalo presentasi, bagi poin di slide anda jadi 3 bagian. Pembuka, inti, penutup. Setiap slide ada awal penjelasan, inti penjelasan, dan kesimpulan di slide anda.


4. Berikan objek pembanding yang relevan

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Kalo presentasi, pasti ada gambarnya dong gan? Nah, jangan sampe pas presentasi gadget, gambarnya malah sapi. Agak jauh gan. Cari visualisasi yang relevan, dan mendukung penjelasan anda. Jangan cuma diliat kerennya aja gan.


5. Jangan lupa untuk sering latihan gan!

Presentasi Brilian Ala Steve Jobs

Ini paling penting. Percuma anda baca teori, tapi nggak pernah dipraktekin. Dulu, steve jobs pasti juga pernah ngerasain nervous, grogi, dan panik pas mau presentasi. Tapi karena biasa, ya doi udah nggak grogian lagi.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin tampil lebih baik pada saat presentasi di depan guru, dosen, ataupun klien.

Komentar