Komputer Anda Sering Hang? ini Solusi Ampuhnya

Siapa yang tidak pernah mengalami hang pada komputernya? pasti semua orang pernah mengalaminya ketika anda sedang bekerja atau bermain game, tiba-tiba komputer anda menjadi hang/not responding.

Komputer Anda Hang? ini Solusi Ampuhnya

Apabila masih ada jalan, kita bisa menekan CTRL+ALT+DEL untuk membuka jendela Task Manager dan memilih program yang hang dan menutup paksa dengan menekan tombol End Task dengan itu program tersebut akan otomatis tertutup atau bila komputer anda benar-benar hang dan macet total pilihan terakhir adalah menekan tombol restart/tombol power pada komputer.

Nah untuk komputer yang sering mengalami hang tiba-tiba/not responding biasanya di karnakan oleh faktor-faktor di bawah ini :

1. Komputer Overheat

Permasalahan Overheat (panas yang berlebihan) pastinya sudah tidak asing lagi di telinga anda. overheat di sebabkan karena sistem pendingin pada CPU tidak berjalan dengan baik, untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara yang bisa anda coba :
  • Buka heatsing dan kipas processor secara hati - hati.
  • Bersihkan sirip-sirip pendingin dan fan processor dari debu, kalau fan macet beri minyak pelumas sedikit pada bagian poros kalau perlu ganti fan dengan yang baru.
  • Bersihkan thermal paste yang sudah kering yang menempel pada processor dan heatsink, ganti dan oleskan thermal paste yang baru.
  • Masukan lagi processor, heatsink serta fan kedalam dudukannya secara hati-hati.
  • Perhatikan posisi heatsink (logam pendingin) dan kipas Processor, pastikan kondisi Heatsing sudah terpasang secara benar terutama untuk tipe Heatsing untuk Processor socket LGA, perhatikan kondisi tiap-tiap sekrup yang terpasang.

2. Komputer Hang Kekurangan Daya Power Supply

Komputer yang hang bisa juga di sebabkan oleh kurangnya daya yang di hasilkan power supply karena power supply ibarat jantung manusia semakin lemah jantung itu semakin pendek juga umur orang tersebut.

3. Komputer Hang Akibat Masalah di Harddisk

Harddisk juga faktor penyebab komputer menjadi hang seperti :

Kapasitas Hardisk Low Space
  • Kapasitas Hardisk Low Space : Untuk mengatasinya kita jalankan dulu Disk CleanUp untuk membersihkan hardisk dari file-file temporary atau file sampah. Cara menjalankan Disk Cleanup :  klik start > run > ketik : cleanmgr
  • Rapihkan dan Hapus junk pada Hardisk dengan fitur Disk Defragmenter, Caranya dengan membuka start menu > all program >accesories > disk defragmenter
  • Harddisk terkena bad sector : bad sector adalah area yang rusak pada harddisk untuk mengecek harddisk terkena bad sector atau tidak kita bisa mengeceknya dengan software HD Tune Pro dan apa benar-benar harddisk kita terkena bad sector kita bisa membersihkannya dengan software HDD Low Level Format program ini berfungsi mem-format harddisk yang terkena bad sector dan waktu yang di butuhkan cukup lama dan juga software ini juga dapat memformat flashdisk , flashcard dan sejenisnya.

4. Komputer Hang Karena Masalah Memory (RAM)

Memori (RAM) yang rusak atau kapasitas memori yang kurang sering juga menjadi faktor komputer menjadi hang. Periksalah kembali memori aktual yang terpasang dengan kapasitas memori yang terbaca oleh komputer, sebab ada kalanya kita memasang beberapa keping memori tetapi yang terbaca hanya satu keping saja. Beberapa memori yang di gunakan tetapi tidak identik (sama tipe dan kapasitasnya) bukannya malah mempercepat komputer tetapi malah memperlambat dan membuat hang komputer Anda.


5. Komputer Hang Akibat Virus Komputer

Aktifitas dari virus yang memakan banyak resource komputer sering menyebabkan komputer melambat bahkan menjadi hang. Cara ampuh untuk membersihkan komputer dari virus adalah dengan booting komputer dan pilih safe mode, lalu scan komputer dengan antivirus scanner seperti malwarebytes, norman malware scanner, trend micro system cleaner.

6. Komputer Hang Karena Driver Tidak Cocok

Driver hardware yang tidak cocok dengan hardware yang terpasang atau driver yang tidak cocok dengan sistem operasi yang di gunakan bisa menyebabkan komputer hang atau bahkan komputer bluescreen. Untuk mengetahui driver yang harus di install saya sarankan menggunakan DriverPack Solution.

7. Komputer Hang Karena VGA Rusak

Beberapa komputer juga mengalami hang karena terdapat kerusakan pada katu VGA-nya. seperti heatsink pada kartu VGA panasnya tidak normal, untuk memastikan VGA itu tidak rusak atau tidak coba lepaskan VGA tersebut dan nyalakan CPU tanpa VGA apabila nyala berarti kemungkinan VGA tersebut yang rusak.


Semoga tips di atas bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat bagi anda semua.

Komentar