Fakta Tersembunyi Seputar Scroll Mouse Yang Jarang Di Ketahui

Perangkat input komputer yang satu mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian, Mouse adalah perangkat input/piranti yang di gunakan untuk menunjukan data atau perintah yang di tampilkan di layar monitor. hampir setiap mouse memiliki 3 buah tombol : kiri, kanan, dan tombol scroll yang ada di tengah. Nah tahukah anda bahwa salah satu perangkat input terpenting dalam komputer ini ternyata mempunyai banyak fakta tersembunyi yang belum kalian ketahui.


Nah, biasanya tombol scroll ini hanya kita gunakan untuk melakukan scrolling pada halaman browser maupun office yang kita gunakan untuk mengerjakan sesuatu di komputer kita, Namun kenyataannya ada beberapa fungsi penting yang tersembunyi dari scroll mouse ini yang bisa kita manfaatkan. Berikut di bawah ini adalah fakta-fakta tersembunyi seputar scroll mouse yang perlu kalian ketahui, yaitu :

1. Open New Window (Membuka Jendela Baru)
Fungsi scroll pada mouse yang pertama adalah untuk membuka jendela baru. Tombol scroll yang tersedia pada seluruh jenis mouse dapat Anda gunakan untuk membuka jendela baru dengan cepat dan mudah. Cara ini berlaku terhadap semua ikon shortcut yang tersedia di dalam taskbar entah itu sedang aktif ataupun tidak aktif. Untuk caranya, Anda cukup mengarahkan kursor pada icon shortcut aplikasi yang ingin Anda buka di jendela baru dengan menekan tombol scroll pada mouse.

2. Close Window (Menutup Jendela)
Selain untuk membuka jendela baru, scroll pada mouse juga berfungsi untuk menutup jendela (Close Window). Caranya cukup mudah yakni dengan mengarahkan kursor pada icon shortcut aplikasi yang di sertai dengan preview kemudian cukup menekan tombol scroll tersebut. Cara ini memang lebih efektif di bandingkan dengan mencari tombol exit atau klik kanan pada icon tersebut.

3. Open New Tab (Membuka Tab Baru)
Fungsi scroll pada mouse yang ketiga adalah open new tab atau membuka tab baru. Ketika Anda sedang browsing internet dan ingin membuka link pada tab baru biasanya harus klik kanan dan pilih open link new tab. Namun hal tersebut lebih dapat mudah di lakukan dengan menggunakan scroll mouse. Caranya cukup mudah dengan arahkan kursor pada link, kemudian tekan tombol scroll pada mouse.

4. Close Tab (Menutup Tab)
Selain membuka tab baru, scroll pada mouse juga berfungsi untuk closing tab atau menutup tab. Untuk penggunaannya sangat mudah, arahkan kursor pada tab yang ingin Anda tutup. Setelah itu cukup tekan tombol scroll pada tab tersebut, maka dengan otomatis tab pada browser yang Anda pilih akan di tutup dengan cepat.

5. Open All Tab (Membuka Semua Link Pada Folder Bookmark)
Fungsi scroll pada mouse yang terakhir adalah open all tab atau membuka semua link yang tersedia dalam folder bookmark bar Anda. Untuk Anda yang menyimpan link dengan cara di bookmark ke dalam folder yang telah Anda buat dan ingin membukanya secara bersamaan cukup gunakan tombol scroll pada mouse. Hal ini lebih efektif dibandingkan dengan membuka satu persatu, sehingga lebih cepat dan efektif.


Nah, itulah fakta-fakta tersembunyi seputar scroll mouse. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan dan bisa bermanfaat untuk anda.

Komentar