Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Umur 20 Tahun

20 tahun adalah usia transisi paling penting dalam hidup. Perpindahan gejolak dari era studi (sekolah) ke era karier menuntut kita untuk cepat beradaptasi dengan perubahan yang ada. Karena itu, sebelum usia 20 tahun, kita dituntut untuk secara matang mempersiapkan segala sesuatunya demi kesuksesan masa depan. sebelum hal itu terjadi sebaiknya nikmati hal-hal penting sebelum umur 20 tahun agar di saat umur 20 tahun kita semua sudah mempunyai bekal untuk meniti karir. lalu apa saja hal-hal itu? simak aja deh . .

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Umur 20 Tahun

1. Beralay Ria
Sebelum menginjak usia kepala dua, nikmatilah masa-masa alay anda. Lakukanlah hal-hal yang aneh, gila dan absurd sebisa mungkin (hanya saja jangan sampai merugikan orang lain). Karena saat sebelum menginjak 20 tahun, jiwa anda masih dibilang belum dewasa seutuhnya. Untuk itu nikmatilah masa ketidakdewasaan itu!


2. Mencoba Berbagai Hal
Saat jiwa anda masih muda dan penuh dengan rasa ingin tahu, cobalah berbagai macam hal baru yang belum pernah anda coba. Hal ini sangat bermanfaat, karena anda bisa mendapat banyak pengalaman untuk anda saat berumur 20 tahun nanti.


3. Memperluas Pergaulan
Asal anda ketahui, mencari teman saat anda belum dewasa itu lebih mudah dibandingkan saat anda sudah dewasa. Makanya, saat masih muda, perluas pergaulan anda dan perbanyak teman-teman anda, agar kelak saat anda dewasa nanti, anda bisa menentukan siapa teman-teman anda yang bisa anda percayai tanpa perlu susah-susah mencari lagi.


4. Lakukan Banyak Kesalahan
Orang muda dikenal dengan rasa ingin tahu dan rasa ingin selalu mencoba. Jadi saat anda mencoba hal baru, gak perlu takut untuk melakukan kesalahan. Menurut gue, sebaiknya anda melakukan kesalahan sebanyak mungkin, supaya nanti kalau anda udah berumur 20 tahun, anda jadi lebih berpengalaman dan gak akan melakukan kesalahan-kesalahan itu lagi.


5. Tidurlah Sepuas Mungkin
Semasih anda bisa tidur, tidurlah sepuasnya. Karena sebelum anda berumur 20 tahun, anda masih memiliki banyak waktu untuk beristirahat dari kesibukan anda. Dibandingkan nanti saat anda sudah berusia 20 tahun dan kesibukan sudah mulai muncul, rasanya kalau bisa tidur itu bersyukur banget hahaha.


6. Temukan Bakat/Keahlian dan Passion
Sangatlah penting untuk menemukan bakat/keahlian dan passion anda sebelum menginjak usia 20 tahun. Kenapa penting? Karena saat anda sudah berusia 20 tahun, anda gak perlu repot dan hanya perlu fokus pada bakat dan keahlian anda. Karena itu sangatlah penting saat masih muda untuk mencoba berbagai hal. (Baca juga: Cara menemukan minat, bakat dan passion)


7. Cobalah Berbagai Gaya/Style
Karena masih muda dan masih dicap alay, cobalah berbagai macam gaya/style, hingga akhirnya anda dapat menemukan gaya/style yang cocok buat anda dan dapat dijadikan identitas untuk anda nanti saat anda sudah berusia 20 tahun.


8. Manfaatkan Waktu Senggang yang Anda Miliki
Selagi belum dipadati dengan kesibukan, manfaatkanlah waktu anda sebaik mungkin. Baik itu untuk bersenang-senang, mencari pengalaman, belajar, tidur dll.


9. Nakal dan Bandel Sekali-sekali
Anak muda dan nakal/bandel adalah dua hal yang memang susah untuk dipisahkan. Jadi sekali-sekali menjadi anak yang nakal/bandel itu gak masalah, karena kalau sudah umur 20 tahun anda sudah mulai punya tanggung jawab dan susah untuk bisa nakal/bandel lagi. Oya, walaupun nakal/bandel jangan lupa dengan kewajiban anda untuk bersekolah dengan baik, berprestasi dan membanggakan orang tua.


10. Membentuk Pribadi yang Sukses
Di usia 20 tahun, setiap orang sudah harus mulai meniti kesuksesannya, dan yang perlu diketahui, dasar dari kesuksesan ada dari dalam diri kita sendiri. Makanya saat masih muda dan ababil, bentuklah pribadi yang baik untuk kedepannya agar anda bisa menjadi pribadi sebagai calon orang sukses.

Komentar