HARGA PSU KOMPUTER BERMEREK



PSU ( power suplay ) adalah jantung dari sebuah komputer. Karena dia melakukan suplay listrik sebagai sumber energi semua perangkat komputer yang terpasang. Dia juga membagi setiap volt listrik untuk setiap komponen dengan pembagian yang sesuai. Dia menyaring energi listrik AC dari luar dan membuatnya menjadi bersahabat dengan perangkat komputer yang sangat sensitif.
Karena fungsinya yang sangat vital maka jangan menyepelekan dalam memilih PSU terbaik untuk komputer kamu. Apa lagi jika komputer kamu adalah komputer yang didesain untuk keperluan game. Kamu harus memastikan bahwa PSU bekerja dengan hasil maksimal dan tahan lama sehingga didapat sebuah Rig yang handal. Handal dalam artian komputer kamu akan tetap stabil dalam kondisi idle ataupun dalam kondisi full load.

Apa akibatnya jika kamu salah memilih PSU terhadap komputer kamu? diantara kejadian yang sering muncul akibat pemilihan PSU untuk komputer game yang kurang tepat adalah komputer hang dan restart. Hal itu dikarenakan PSU tidak dapat memenuhi kebutuhan daya dari semua perangkat saat keadaan full load. Full load ini biasanya terjadi saat komputer menjalankan game berat dan VGA serta processor berada dalam konsumsi listrik maksimal. Ada lagi akibat lain yaitu kerusakan jangka panjang dari perangkat perangkat komputer yang kamu miliki karena listrik yang disalurkan tidak stabil.
Jika kamu merakit komputer game sendiri pastikan saat membeli PSU terbaik disesuaikan dengan perangkat – perangkat lain selain juga kamu harus memperhatikan kualitas dan mereknya. Perhatikan kebutuhan daya setiap perangkat yang kamu beli, biasanya yang sangat berpengaruh adalah VGA card, processor, jumlah hardisk (HDD). Lihat pada label kemasannya atau pada spesifikasinya. Untuk kebutuhan mesin game standar adalah 450 Watt. Lebih tinggi lagi lebih baik , tapi juga perhatikan ketersediaan listrik dirumah kamu.

Belilah PSU dengan sertifikat 80+, yang artinya efisiensi diatas 80%. Gambarannya adalah jika PSU dengan watt 450 Watt maka akan mengeluarkan daya diatas 360 Watt. Karena untuk PSU tanpa sertifikat 80+ dengan harga sangat murah beresiko kurang daya listrik yang disupplay dan juga tidak stabil. Lihat pada label saat membeli.

tentukan merek ternama yang berpengalaman. Saya sarankan belilah merek Corsair. Meskipun terkenal mahal akan tetapi kualitasnya sangat terjamin selain itu juga garansi 5th. Atau kamu bisa mencari merek lain yang setara dengan harga yang lebih miring. Pengalaman saya jika membeli PSU di toko komputer biasa maka tidak tersedia PSU dengan spek bagus melainkan harus pesan (order). Dan kebanyakan yang tersedia adalah merek biasa dengan harga sangat miring (Rp 300rb dapet 550 watt) bahkan ada juga harga Rp 150Rb dapet caing plus PSU. Sebagai pengetahuan merek corsair PSU only 450 Watt baru dapat diboyong dengan harga Rp 600rb-an.

Berikut ini adalah PSU High Class Yang di rekomendasikan Untuk Rakitan Komputer Game Anda:















Nah itulah tadi Beberapa Merek PSU High Class berserta Harganya,
Semoga Bermanfa'at.


Ref :
  • http://techno.khedisfile.com/2014/12/04/memilih-psu-terbaik-untuk-komputer-game-2015/
  • http://enterkomputer.com/psu.php

Komentar